Jumat, 14 Mei 2010

Puding Tiga Lapis

PUDING 3 LAPIS


Ga tau namanya puding apa. yang penting ne puding ada tiga lapis. jadi aku bikin aja deh namanya puding 3 lapis. Beberapa tahun yang lalu, pas aku maen ke rmh calon mertua aku diajarin ne bikin puding ini. sayangnya sekarang udah jd matan calon mertua. hehehe...
pada dasarnya, bahan untuk bikin puding semua sama aja. Agar-agar powder, gula, dan air direbus deh.. untuk lebih jelasnya baca aja yang berikut ini yach..


Bahan:
Lapisan I:
Agar-agar powder 1 bks (tanpa warna)
Gula pasir 150 gr (aku seh bikinnya ga pake ditimbang di kira2 aja)
Roti marie 1 bks (terserah merknya apa)
Air 600 ml

Lapisan II:
Agar-agar powder 1 bks (tanpa warna)
Gula pasir 100 gr (aku seh bikinnya ga pake ditimbang di kira2 aja)
Air 400 ml
Telur 4 butir (yang dipake kuningnya aja, aku biasa cm pake 2 butir aja)
margarin 100 gr
Susu kental manis 1 kaleng
Lapisan III:
Agar-agar powder 1 bks (tanpa warna)
Gula pasir 150 gr (aku bikinnya ga pake ditimbang di kira2 aja)
Coklat/pasta moca/susu kental manis coklat (secukupnya, yang ptg warnanya jd coklat)

Cara membuat:
1. Lapisan I. Susun roti marie pada cetakan datar. Campurkan agar-agar powder dan gula, kemudian tambahkan air aduk sampai merata, didihkan, angkat. dinginkan sambil diaduk-aduk sampai mengental/hampir mengeras.
tuang sedikit demi sedikit ke atas roti marie. (jika belum dingin, roti marie bisa melayang)
2. Lapisan II. Sambil menunggu lapisan I dingin, kocok telur bersama margarin.
Campurkan agar-agar powder dan gula, kemudian tambahkan air aduk sampai merata didihkan, setelah mendidih masukan susu, campuran telur dan margarin aduk cepat. angkat, dinginkan sambil diaduk-aduk sampai uap panasnya hilang.
jika permukaan lapisan I sudah mengeras lapisan II bisa dituang ke atasnya sedikit demi sedikt agar tidak tercapur.
3. Lapisan III. Campurkan agar-agar powder dan gula, kemudian tambahkan air aduk sampai merata, didihkan, masukkan moca/cokla cepat, angkat. dinginkan sambil diaduk-aduk.
Jika permukaan lapisan II sudah mengeras lapisan II bisa dituang ke atasnya sedikit demi sedikit agar tidak tercapur.
Masukkan ke lemari pendingin.